Perbedaan Software dan Aplikasi

Contoh gambar software dan aplikasiContoh gambar software dan aplikasi
Hai sobat, kali ini kami akan memposting tentang perbedaan antara software dengan aplikasi. Memang aplikasi dan software seperti sama bagi orang awam. Software sendiri dalam kamus bahasa inggris adalah perangkat lunak, yang dapat dijabarkan menjadi perangkat lunak yang bekerja pada suatu sistem untuk mengolah data dalam bentuk digital dan kemudian memprosesnya sebelum disalurkan ke perangkat lain. Biasanya yang terdapat dalam komputer (tidak nampak) hanya berupa kode-kode digital. Contonya, OS (Operating System).

Sementara aplikasi merupakan subkelas dari perangkat lunak yang memanfaatkan kinerja software dalam melakukan suatu implikasinya atau pekerjaannya yang diinginkan. Sebagai contoh dari applikasi utama pengolah kata adalah Microsoft Office yang terdiri dari MS. Word, MS. Excel, MS. PowerPoint, pemutar musik  dan lain sebagainya.


Penerapan Software dan Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari


Ketika orang berbicara tentang software maka yang terpikir adalah sesuatu yang tak kasat mata, lantaran berisi sebuah perintah yang berbentuk digital. Kita bisa sedikit condong ke pemikiran software yang begitu kompleks berisi perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer.


Software itu bagaikan sebuah sistem pemikir yang ada dalam otak manusia yang berisi saraf-saraf sensorik. Software bisa kita ingat yaitu seperangkat alat yang tidak dekat dengan user (pengguna).


Adapun aplikasi merupakan implikasi (penerapan) dari sebuah software yang langsung berhubungan dengan manusia untuk memerintahkan kehendak usernya. Dan aplikasi inilah yang biasanya berhubungan langsung dengan manusia. Aplikasi ini biasanya lebih spesifik kepada OS (Operating System) tertentu karena langsung dihubungkan dengan suatu sistem operasi tertentu. Dan aplikasi itu sendiri dibuat untuk sistem operasi tertentu.


Kegunaan (fungsi)  software dan aplikasi


Software berfungsi untuk mengolah suatu perintah yang dikehendaki usernya yang sifatnya menyeluruh dalam sistem komputer.
Sedangkan aplikasi berfungsi membantu menyelesaikan suatu pekerjaan user.


Jika dilihat dari kebutuhan software dan aplikasi


Software merupakan seperangkat yang wajib dimiliki dalam sebuah komputer. Tanpa adanya software maka sistem yang akan dijalankannya pun tidak akan berfungsi.
Sementara aplikasi tidak diharuskan / diwajibkan dalam sebuah komputer, hanya untuk keperluan saja. Contoh saja, jika Anda memiliki komputer untuk menunjang kinerja Anda sebagai seorang Guru. Yang Anda lakukan hanya mengolah data-data nilai murid-murid Anda, jadi Anda harus memiliki aplikasi pengolah data, sementara Anda tidak wajib memiliki aplikasi pengolah video seperti Ulead.


Penggunaan Istilah Software dan Aplikasi


Contoh, sebuah OS (sistem operasi) misalnya XP, Linux, Vista, W7 dan sebagainya, itu digolongan ke dalam sebuah software, bukan aplikasi. Sistem operasi hanyalah suatu sistem dasar saja. Sistem ini menyediakan tempat agar suatu aplikasi bisa berjalan.
Bagi yang suka mengetik, mendownload video, memutar musik mp3, maka tentunya menggunakan aplikasi untuk menjalankannya. 


sumber : http://rejosoft.blogspot.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Lainnya dengan judul Perbedaan Software dan Aplikasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://iartsoft.blogspot.com/2013/12/perbedaan-software-dan-aplikasi.html. Terima kasih!
Terima kasih telah membaca Artikel Perbedaan Software dan Aplikasi . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Perbedaan Software dan Aplikasi sebagai sumbernya.
Ditulis oleh: Khazu - Saturday 7 December 2013

Belum ada komentar untuk "Perbedaan Software dan Aplikasi"

Post a Comment